Tuesday, June 16, 2015

Harga Raket Bukan Patokan Utama dalam Membeli Raket

Harga Raket Bukan Patokan Utama dalam Membeli Raket
Harga Raket Bukan Patokan Utama dalam Membeli Raket

Banyak orang seringkali menjadikan harga raket badminton sebagai salah satu patokan dalam membeli raket. Hal ini memang bukan hal yang salah pasalnya harga memang menjadi salah satu indikasi penting dalam membeli raket meskipun tentu saja bukanlah hal utama karena ada beberapa indikasi lain yang sebaiknya menjadi pertimbangan. Tak sedikit orang yang menyukai bermain badminton tetapi mereka tak memahami cara memilih raket yang tepat untuk permainan mereka. Padahal tak semua jenis raket badminton cocok untuk semua pemain. Kebanyakan orang berburu raket dengan merk dan jenis yang sama dengan para pemain badminton idola mereka yang biasanya harganya juga tidaklah murah.

Banyak hal yang hendaknya diperhatikan ketika Anda ingin membeli sebuah raket dan bukan hanya terfokus pada merk dan harga raket itu sendiri. Setiap pemain badminton memiliki ciri khas sendiri-sendiri baik gaya permainan, tipe pukulan, ataupun lainnya. Hal-hal inilah yang akhirnya juga mempengaruhi jenis raket yang digunakan sehingga Anda bisa dengan nyaman menikmati permainan. Tentu saja, harga mahal dari sebuah raket bukan suatu jaminan bahwa Anda bisa nyaman dan cocok untuk menggunakan raket tersebut. Dalam hal ini, kita akan membahas beberapa langkah untuk memilih raket yang tepat.

Memperhatikan harga raket ketika ingin membeli sebuah raket badminton memang tidak salah karena harga biasanya juga bisa menunjukkan kualitas dari raket tersebut. Namun, ini bukanlah patokan utama. Pertimbangan pertama yang hendaknya diperhatikan dalam memilih raket badminton adalah berat raket itu sendiri. Pada raket badminton biasanya diberikan tanda kode U sebagai kode berat. Semakin tinggi nilai dari kode U tersebut, ini menunjukkan bahwa raket tersebut memiliki berat yang semakin ringan. Raket yang kebanyakan tersedia di pasaran adalah dengan kode 2U ataupun 3U. Dan ternyata, semakin ringan sebuah raket dengan kode U yang semakin tinggi seperti 5U memiliki harga raket yang relatif lebih mahal. raket dengan ukuran berat bisanya cocok untuk permainan yang mengedepankan permainan power. Sedangkan raket ringan sangat cocok untuk permainan yang mengutamakan control.

Selain berat raket, Anda sebaiknya juga memperhatikan titik keseimbangan dari raket. Beberapa orang mungkin menanyakan bagaimana mengetahui titik keseimbangan raket. Anda bisa melakukan cara sederhana yaitu dengan menaruh batang raket pada jari telunjuk yang dihadapkan ke atas. Geser batang raket tersebut sedikit demi sedikit hingga Anda menemukan kondisi seimbang pada raket. Jika telunjuk Anda lebih dekat dengan handgrip atau pegangan raket, ini menunjukkan bahwa raket tersebut termasuk dalam raket control. Demikian pula sebaliknya, bila telunjuk lebih dekat dengan frame atau kepala raket, ini merupakan raket power.

Pertimbangan lainnya dalam membeli raket badminton adalah memperhatikan tingkat kekakuan batang raket. Raket yang tersedia di pasaran ada dua jenis yaitu dengan batang yang lentur atau fleksibel dan kaku. Anda tinggal memilih jenis raket yang sesuai dengan tipe permainan Anda. Dan, pertimbangan lainnya adalah memperhatikan bentuk frame atau kepala raket. Frame raket terdapat dua jenis yaitu konvensional dan isometrik. Pertimbangan terakhir tentu saja adalah harga. Bahan yang digunakan untuk pembuatan sebuah raket biasanya mempengaruhi harga dari raket itu sendiri. Jadi, Anda sebaiknya teliti tentang kualitas raket tersebut apakah sesuai dengan harga raket yang ditawarkan.

Harga Raket Bukan Patokan Utama dalam Membeli Raket

No comments:

Post a Comment